TUGAS ETIKA BISNIS
Nama : Mulyadi
Kelas : 3DD01
Npm : 34210861
Judul : Bidang usaha yang mulai tidak adil
lagi menjalankan usahanya
Pada dasarnya setiap bidang
usaha bisnis pasti selalu mempunyai criteria keadilan-keadilan yang dilakukan
kepada masyarakat banyak bahkan pemerintah. Pada tugas kali ini menjelaskan
mengenai bidang usaha / bisnis yang sudah tidak lagi adil terhadap Negara,
konsumen dan distributive.
·
Keadilan
Negara
Pada
setiap bidang/jenis usaha sudah pasti dan seharusnya memiliki rasa tanggung
jawab yang adil untuk negaranya, seperti membayar pajak usaha, membayar
listrik, membayar pam, dsb. Disini bidang usaha yang saya ambil masih bidang
usaha warkop pancong Mang Kumis dan Kang Dadang. Apakah warkop pancong Mang
Kumis dan Kang Dadang sudah mulai tidak adil pada Negara ? Jawabannya warkop
pancong Mang Kumis dan Kang Dadang sampai saat ini masih adil kepada Negara dengan
,membayar pajak usaha, membayar listrik, juga membayar pam .
·
Keadilan
Konsumen
Yang
kedua adalah . Apakah warkop pancong Mang Kumis dan Kang Dadang sudah mulai
tidak adil pada konsumen ? Sejenak dengan banyak faktor yang ada, warkop
pancong ini terkadang mulai sudah tidak adil kepada pelanggan atau konsumen. Kenapa
? Karena warkop ini sering mendahulukan orang yang sudah dikenal baik, sewaktu
ketika saya juga pernah mengalami sendiri seharusnya saya membayar makanan yang
sudah dipesan dengan harga 39ribu rupiah, tetapi dengan entengnya dan
gampangnya salah satu pelayan di warkop ini bilang dengan harga yang cukup fantastis
berbeda jauhnya yakni 85ribu rupiah. Dan saya pun dan teman-teman saya complain
terhadap hal tersebut dan tidak ada terucap kata maaf sedikitpun. (dikutip pengalaman pribadi).
·
Keadilan
Distributif
Yang
ke tiga adalah keadilan distributif merupakan keadilan yang seharusnya
memberikan hak yang sama kepada setiap orang. Apakah warkop pancong Mang Kumis
dan Kang Dadang sudah mulai tidak adil secara distributif ? Jawabannya adalah
ya, dari pernyataan keadilan konsumen pada penjelasan keadilan konsumen diatas,
warkop ini sering sekali mendahulukan orang yang sudahmenjadi langganan mereka
dan terkesan tidak memperdulikan pelanggan atau calon pelanggan yang membeli
ketempatnya sehingga pelayanannya tersekan lamban.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar