Sabtu, 13 Juli 2013

TUGAS ETIKA BISNIS

TUGAS ETIKA BISNIS


Nama : Mulyadi
Kelas : 3DD01
Npm : 34210861
Judul : Bidang usaha yang mulai tidak adil lagi menjalankan usahanya
                Pada dasarnya setiap bidang usaha bisnis pasti selalu mempunyai criteria keadilan-keadilan yang dilakukan kepada masyarakat banyak bahkan pemerintah. Pada tugas kali ini menjelaskan mengenai bidang usaha / bisnis yang sudah tidak lagi adil terhadap Negara, konsumen dan distributive.
·         Keadilan Negara
Pada setiap bidang/jenis usaha sudah pasti dan seharusnya memiliki rasa tanggung jawab yang adil untuk negaranya, seperti membayar pajak usaha, membayar listrik, membayar pam, dsb. Disini bidang usaha yang saya ambil masih bidang usaha warkop pancong Mang Kumis dan Kang Dadang. Apakah warkop pancong Mang Kumis dan Kang Dadang sudah mulai tidak adil pada Negara ? Jawabannya warkop pancong Mang Kumis dan Kang Dadang sampai saat ini masih adil kepada Negara dengan ,membayar pajak usaha, membayar listrik, juga membayar pam .
·         Keadilan Konsumen
Yang kedua adalah . Apakah warkop pancong Mang Kumis dan Kang Dadang sudah mulai tidak adil pada konsumen ? Sejenak dengan banyak faktor yang ada, warkop pancong ini terkadang mulai sudah tidak adil kepada pelanggan atau konsumen. Kenapa ? Karena warkop ini sering mendahulukan orang yang sudah dikenal baik, sewaktu ketika saya juga pernah mengalami sendiri seharusnya saya membayar makanan yang sudah dipesan dengan harga 39ribu rupiah, tetapi dengan entengnya dan gampangnya salah satu pelayan di warkop ini bilang dengan harga yang cukup fantastis berbeda jauhnya yakni 85ribu rupiah. Dan saya pun dan teman-teman saya complain terhadap hal tersebut dan tidak ada terucap kata maaf sedikitpun. (dikutip pengalaman pribadi).
·         Keadilan Distributif
Yang ke tiga adalah keadilan distributif merupakan keadilan yang seharusnya memberikan hak yang sama kepada setiap orang. Apakah warkop pancong Mang Kumis dan Kang Dadang sudah mulai tidak adil secara distributif ? Jawabannya adalah ya, dari pernyataan keadilan konsumen pada penjelasan keadilan konsumen diatas, warkop ini sering sekali mendahulukan orang yang sudahmenjadi langganan mereka dan terkesan tidak memperdulikan pelanggan atau calon pelanggan yang membeli ketempatnya sehingga pelayanannya tersekan lamban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar